-->

Welcome ^^

Nichkhun. Lee Seung Gi. Leeteuk. Sungha Jung. Im Jae Bum. 2PM - Super Junior

Monday, October 22, 2012

Lee Seung Gi & Religion




Menurut info yang saya dapatkan bahwa Lee Seunggi itu tidak beragama (tidak memeluk agama), hal ini saya ketahui lewat cuplikan video acara YaShimManMan (YSMM), di video itu jelas-jelas Seunggi bilang dengan santai bahwa dia tidak menganut agama apapun. Silakan klik di sini kalau kalian mau nonton video yang gue maksud. Acara tersebut tayang di tahun 2007, jadi saya tidak tau apakah sekarang Seunggi udah merubah status tentang agama nya atau masih tetap sama. Kalo tentang agama nya orang tua dan adik dari Seunggi,  kalau tentang masalah ini saya gak tau, karna saya cuma ngikutin perjalanan karier Seunggi, bukan orang tua nya, maupun adik nya , Lagipula Seunggi sangat tertutup tentang informasi keluarga nya, dia ngga suka keluarga nya dipublikasikan oleh media.
Mungkin banyak dari kalian yang kaget mendengar fakta ini karena mayoritas penduduk Indonesia memiliki agama, terlebih lagi kalau ga punya agama biasanya dapet cap atheis, dan kosakata “atheis” terdengar sangat negatif di telinga kita ia. Apalagi mayoritas orang Indonesia  hampir semuanya memiliki atau memeluk agama. Sebenernya banyak banget artis2 korea selain Seunggi yang ngga punya agama, tapi ngga etis kalau gue sebut nama2 artis korea tersebut satu persatu. Lebih baik gue jelasin sedikit tentang agama di masyarakat Korea aja ya. Jadi menurut hasil sensus Direktorat Jendral Statistik Nasional tahun 2005 jumlah warga Korea yang belum memiliki agama berkisar 46,5% (sumber: http://world.kbs.co.kr) itu artinya hampir setengah dari populasi masyarakat Korea ngga punya agama, tapi bukan berarti mereka atheis lho .
Mayoritas warga Korea memang tidak memiliki agama, namun mereka sering menggabungkan sistem kepercayaan di dalam kehidupan sehari-hari mereka. Salah satu sistem kepercayaan yang populer di Korea adalah Confusianisme, ini bukan agama tapi lebih seperti filosofi moral, sistem kepercayaan ini dalam berbagai hal lebih terkemuka dalam kebudayaan Korea daripada berbagai agama yang ada. Banyak ajarannya menggabungkan kehidupan sosial dan moral bangsa Korea. Confusianisme memberikan bukti dalam prakteknya, seperti memberikan prioritas utama dalam pendidikan dan menghormati orang yang lebih tua, dan juga upacara adat untuk mengenang nenek moyang. (sumber: http://www.indonesiaseoul.org)
Nah apakah Seunggi menganut kepercayaan confusianisme? Kalo itu saya gak tau , tapi yang pasti Seunggi terbukti sangat memprioritaskan pendidikan (dilihat dari fakta kalo dia lagi kuliah S2) dan sangat menghormati setiap orang yang lebih tua darinya (kalau sering nonton 1n2d pasti tau bagaimana santun nya seunggi jika berinteraksi dengan senior citizens). Jadi saat ini gue merasa agak kurang penting kalau kita terus menerus ngubek-ngubek lebih jauh tentang kepercayaan apa yang dia anut, toh selama ini Seunggi selalu berkelakuan baik dan ngga pernah merugikan orang lain ataupun memberi contoh negatif untuk fans nya. 

No comments:

Post a Comment